Bermain dan Berbagi Ilmu: Kunjungan ke SDN Pakuniran 01 dan SDN Pakuniran 02

Senin, 16 Juli 2018 merupakan hari ketujuh bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember dan hari pertama masuk sekolah bagi siswa-siswi sekolah dasar di SDN Pakuniran 01 dan SDN Pakuniran 02. Para siswa sedang tidak ada jam pelajaran dikarenakan pada hari itu merupakan hari pertama pengenalan sekolah bagi siswa baru kelas 1. SDN Pakuniran 01 terlihat sangat ramai dengan siswa–siswi yang bermain di halaman sekolah dan juga membeli jajanan yang dijajakan di dalam dan di luar pagar sekolah mereka. Ketika kami berkunjung, guru–guru juga sedang berada di luar ruangan dan beberapa sedang mengeluarkan buku–buku baru untuk kebutuhan koperasi sekolah dari mobil. Kunjungan mahasiswa KKN 79 Pakuniran ke sekolah–sekolah tersebut bertujuan memperkenalkan diri kepada adik–adik sekolah dasar sekaligus mensosialisasikan perihal bimbingan belajar yang akan dilakukan pada sore hari selasa dan kamis di setiap minggunya.

Kedatangan mahasiswa KKN 79 di SDN Pakuniran 01 disambut dengan hangat oleh Bapak Setyo Budi, selaku guru di sekolah tersebut. Kami diajak memasuki satu kelas, yaitu kelas 6. Siswa–siswi terlihat sangat antusias dengan kehadiran para mahasiswa KKN 79 Pakuniran di kelas mereka. Siswa–siswi dan juga tenaga pengajar di sekolah tersebut lebih sering menggunakan Bahasa Madura dalam proses kegiatan belajar mengajar. Puas berkenalan, mahasiswa dan siswa–siswi kelas 6 berswafoto bersama sebagai dokumentasi.

Gambar 1. Swafoto bersama siswa–siswi SDN Pakuniran 01

Kunjungan ke sekolah–sekolah dilanjutkan ke SDN Pakuniran 02. SDN Pakuniran 02 memiliki area sekolah yang lebih luas daripada SDN Pakuniran 01 dikarenakan sekolah tersebut merupakan gabungan dari dua sekolah yang dulunya adalah SDN Pakuniran 02 dan 03. Mahasiswa KKN 79 Pakuniran disambut oleh kepala sekolah SDN Pakuniran 02 yang selanjutnya diantarkan untuk memasuki kelas–kelas. Siswa–siswi terlihat tidak kalah antusiasnya saat kakak–kakak mahasiswa mengisi jam kosong di kelas dengan permainan sederhana sambal menyanyikan lagu–lagu kebangsaan dan lagu daerah. Beberapa dari siswa menanyakan letak posko agar dapat berkunjung dan belajar bersama.

  Gambar 2. Bersama kepala sekolah SDN Pakuniran 02.

 

Gambar 3. Di dalam kelas 5 SDN Pakuniran 02.

 

 

Tinggalkan Balasan