IMUNISASI DPT KEPADA ANAK USIA 1-19 TAHUN DI DESA PAKUNIRAN UNTUK PENCEGAHAN WABAH PENYAKIT DIFTERI

Gambar 1. Pelaksanaan Imunisasi di SDN Pakuniran 1

Kamis (26/7) Polindes Pakuniran, anggota koramil Kec. Maesan dan mahasiswa KKN 79 Pakuniran ikut serta dalam imunisasi DPT yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. Imunisasi ini dilakukan untuk mencegah wabah penyakit Difteri. Penyakit Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh Corynebacterium diphtheriae yang menyerang bagian selaput lendir (mucus) pada tenggorokan dan hidung. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan dengan tepat.

Sasaran imunisasi DPT ini, yaitu anak usia 1-19 tahun. Hal ini dikarenakan rentannya mereka terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya difteri. Imunisasi DPT ini sudah dilakukan sebanyak tiga kali pada tahun ini, yaitu pada bulan Maret, Juli dan Desember 2018 pada Desa Pakuniran.

Imunisasi DPT tidak tiap tahun dilakukan, melainkan melihat wabah yang sering menjangkit anak seusianya terjadi, seperti tahun sebelumnya imunisasi yang dilakukan ialah imuniasi MR untuk mencegah penyakit Campak.

Menurut Ibu Ulyl, bidan yang dinas di Desa Pakuniran, imunisasi akan dilakukan jika mendapat perintah dari Dinas Kesehatan Pusat untuk melakukan imunisasi pada masing-masing desa, karena obat yang diberikan langsung berasal dari Dinas Kesehatan pusat. Info juga diberikan oleh ibu bidan, jika Desa Pakuniran tidak ada yang terjangkit penyakit difteri ini. Jika ada anak yang terjangkit penyakit ini maka anak tersebut harus segera diisolasi untuk dibawa ke puskesmas terdekat. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan hidup bersih pada rumah mereka agar wabah penyakit berbahaya dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan