Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbub)

Senin (23/7), mahasiswa KKN melakukan pemaparan program kerja yang akan dilakukan selama 45 hari terhadap Desa Pakuniran sesuai dengan tema yang telah ditentukan pihak universitas. Sosialisasi peraturan bupati dikhususkan pada peraturan mengenai Sistem Administrasi Informasi Desa (SAID). Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Pakuniran yang diikuti seluruh perangkat desa, sebanyak 11 orang selama satu jam setengah.

Program kerja yang disampaikan meliputi program kerja utama dan pendamping yang dapat dilakukan secara bergantian. Program kerja utama yang akan dilakukan antara lain pembuatan website desa, pelatihan pengelolaan website, pelatihan SAID dan jurnalisme serta sosialisasi peraturan bupati. Program kerja pendamping, yaitu program pendukung yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas program kerja utama yang meliputi penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Sekolah Dasar Desa Pakuniran serta pelatihan budidaya tanaman secara hidroponik pada tiap dusun.

Sosialisasi peraturan bupati merupakan salah satu proker utama yang telah selesai dilakukan dengan lancar. Meskipun di akhir sesi sosialisasi, beberapa perangkat sempat membingungkan perbedaan antara Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) dan SAID. Perbedaan antara keduanya adalah, SisKeuDes merupakan sistem aplikasi yang dikhususkan untuk mengelola  keuangan desa, sedangkan SAID digunakan untuk mempermudah pengelolaan informasi desa seperti data penduduk, pembangunan dan kemiskinan.

Tinggalkan Balasan