Tujuan Pembangunan

Prioritas Pembangunan Desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan, melalui:

  1. Pemenuhan kebutuhan dasar yaitu: pengembangan pos kesehatan Desa dan Polindes, pengelolaan dan pembinaan Posyandu, dan pembinaan dan pengelolaan pendidikan anak usia dini.
  2. Pembangunan sarana dan prasarana Desa, seperti pembangunan dan pemeliharaan jalan Desa; pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani; dan terbarukan; pembangunan dan pemeliharaan sanitasi lingkungan; pembangunan dan pengelolaan air bersih berskala Desa; pembangunan dan pemeliharaan irigasi tersier; pembangunan dan pemeliharaan serta pengelolaan saluran untuk budidaya perikanan; dan pengembangan sarana dan prasarana produksi di Desa
  3. Pengembangan potensi ekonomi lokal, sebagai berikut: pembangunan dan pengelolaan  kios Desa; pembangunan dan pengelolaan Kolam ikan dan bagan ikan;pembuatan pupuk dan pakan organik untuk pertanian dan perikanan;pengembangan benih lokal;pengembangan ternak secara kolektif; pengembangan teknologi tepat guna pengolahan hasil pertanian dan perikanan. pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Prioritas penggunaan Dana Desa untuk pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,

  1. Pelaksanaan Pembangunan Desa
  2. Pemberdayaan Masyarakat Desa